Photoshop
Just another WordPress.com weblog

Feb
17

Pada tutorial Photoshop kali ini kita akan mencoba menjadikan coretan menjadi karya yang bagus (kayaknya..hehe..) dengan langkah yang sangat mudah:

1. buat lembar kerja baru (800×600) beri background warna hitam

2. beri coretan dengan menggunakan Brush Tool tutorial photoshop (lihat gambar):
tutorial photoshop

3. kemudian dengan smodge tool tutorial photoshop corat-coret sesuai dengan arah panah (bisa dimodifikasi) lihat gambar:
tutorial photoshop

hasilnya
tutorial photoshop

4. oke agar kobatan apinya lebih panas kita tambahkan lagi coretannya dengan Brush Tool tentunya:
tutorial photoshop

5. Yup hasil akhirnya kira – kira seperti ini:
tutorial photoshop

6. Bisa juga dimodip kayak gini menjadi foto efek
tutorial photoshop
Arofat – On FIRE
Semoga Bermanfaat… ^_^

Feb
17

kali ini adalah kiriman dari Endritanze di Pontianak, kali ini kita akan belajar membuat efek hantu dengan Photoshop, tertarik…

Adobe Photoshop adalah program image editing yang luar biasa, Photoshop dapat memanipulasi foto dan membuat imajinasi dan gambaran lain dari foto…

Baiklah kita mulai langkah-langkahnya:

1. Pilih satu gambar yang enak di kotak-katik aja. Saya memilih yang satu ini,
para teman-teman di pinoy
Save gambar di Komputer sebagai contoh file latihan
Dan manipulasi yang saya lakukan yaitu “menghilangkan kepala”!!!!

2. Lakukan duplikasi menjadi layer dan diberi nama pada layer.
tutorial photoshop
Pada background lakukan hidden dengan menghilangkan gambar mata pada layer.

3. Lakukan pennyeleksian pada gambar yang akan di manupulasi.
tutorial photoshop
Pilih Quick Selection Tool untuk melakukan penyeleksian

4. Arahkan pointer pada daerah kepala
tutorial photoshop
klik untuk lakukan penyeleksian

5. Tekan delete untuk menghapus hasil seleksi. Pastikan layer depan aktif.
Hasilnya: tutorial photoshop

6. Non aktif kan seleksi, dengan menekan Ctrl+D, deselection.
tutorial photoshop
Lanjutkan dengan ‘penambalan’ hasil potongan kepala dengan cara cloning pada layer depan.Pilih Clone Stamp Tool

7. Setelah memilih Clone Stamp Tool,
tutorial photoshop
tekan Alt setelah keluar tanda seperti yang di atas klik pada gambar yang akan di ambil kloningnya. Atur opacity 75% dan flow 75% (sesuai kebutuhan)

8. Lakukan cloning perlahan-lahan dengan mengambil kloningan gambar yang paling dekat dengan daerah ‘penambalan’.
tutorial photoshop
Klik kanan,atur hardness 0%, diameter ikuti daerah cloning.
tutorial photoshop

9. Setelah cloning
tutorial photoshop
seperti gambar di atas itu sudah cukup.Untuk hasil yang maksimal dalam cloning atur opacity lebih kecil dan diameter lebih besar.

10. Langkah berikut,
tutorial photoshop
aktifkan pen tool, dan lakukan create Anchor point pada kerah baju seperti gambar di bawah.
tutorial photoshop
Atur warna menyerupai warna baju dengan memakai
tutorial photoshop
eyedropper tool

11. Setelah menutup anchor point, pilih menu layer-Resterize-Shape.
tutorial photoshop
Ubah nama layer menjadi kerah.Tekan ctrl dan klik pada layer kerah untuk mendapatkan seleksi
tutorial photoshop
Kerah terseleksi

12. Aktifkan Brush Tool,
tutorial photoshop
dan pilih warna dengan
tutorial photoshop
Color picker lebih yang lebih gelap 30% sepertiyang dilingkar merah

13. Sapukan brush pada bagian dalam kerah, sehingga nampak mempunyai luang kerahnya seperti gambar.
tutorial photoshop
Tekan Ctrl+D setalh selesai brushing

14 Untuk langkah terakhir lakukan bluring dengan Blur tool pada sisi luar kerah.
tutorial photoshop

Hasil Akhirnya: Kurang Lebih seperti ini:
rekayasa foto hantu
Hiii… Tapi gak usah takut kan cuma rekayasa genetik eh salah REKAYASA FOTO efek saja ^_^ hehehe…

Semoga Bermanfaat… ^_^

Feb
17

Pada kali ini saya akan membuat bagaimana caranya mengedit gambar menjadi cartoon….

Biasanya sering di sebut dengan Trace ( kalo ga salah saya yach.. ) . Ini adalah gambar saya sendiri, kalo pake gambar orang, saya takut orang nya nanti marah… hehehehee

Sekarang langsung saja….

1. Buka program Photoshop

2. Pada menu layer, pilih File > Open ( Ctrl + O )
Pilih gambar yang ingin kamu jadikan sebagi object
tutorial photoshop
Gambar harus terang dan bersih, agar mengerjakannya tidak sulit. Kalo gambar nya buram, terangin aja gambar nya menggunakan canvas

3. Duplicat layer background Layer > Duplicat Layer ( Ctrl + J )
tutorial photoshop
Gambar harus dikerjakan pada saat layer 1 aktif

4. Pada menu layer, Pilih Filter > Artistic > Poster edges
tutorial photoshop
Maka akan keluar kotak seperti ini…
Atur Resolution nya :
- Edge Thickness = 10 Edge Inthensity = 4 Posterization = 0

Kemudian, klik pada icon yang ada di bawah New Effect Layer ( di samping gambar tong sampah )

Lalu akan keluar kotak berikut :
tutorial photoshop
Pilihan harus pada Film Grain, kemudian atur lagi resolusi nya, menjadi :
- Grain = 0 - Highlight Area = 11 - Intensity = 10

Kemudian masih sama dengan yang di atas, klik pada icon New Effect Layer ( di samping tong sampah )

Dan akan keluar kotak seperti di bawah ini :
tutorial photoshop
Untuk kali ini, Gambar dipilih dengan Cutout , dan atur kembali resolusi nya menjadi :
- Number of Level = 8 Edge Simplicity = 2 Edge Fidelity = 3

Lalu klik OK….

Gambar akan menjadi seperti ini :
tutorial photoshop
Lalu tinggal 1 langkah lagi, maka Gambar Anda akan Selesai. Yaitu,,
Anda tinggal membersihkan Bercak – Bercak Yang tampak Terlihat pada Gambar Tersebut…

Membersihkan Bercak – bercak itu Tidak Sulit kok…

Kamu cukup Menggunakan Healing Brush Tool atau Anda Dapat Menggunakan Keyboard ( J )
Dan akhirnya……………………………………….. :)
Cling………..
tutorial photoshop
Inilah Gambar yang telah berhasil saya Perbuat…..
oh iya,,,
Sebenarnya, Jari saya Hanya dua yang terbuka, tetapi, saya ambil inisiatif sendiri, untuk mendirikan jari kelingking saya, hingga menajdi tiga yang terbuka…
heheheheehhe

Tutorial ini diarsipkan pada ilmuGRAFIS dalam kategori edit foto dengan judul Mengubah Gambar Menjadi Cartoon code:AIS

Semoga Sukses
dan
Selamat Mencoba…..

Kalo mau nanya sesuatu / something, ( sok bahasa bule ), Tanya aja yach, jangan malu malu, gapapa kok…

Semoga Bermanfaat… ^_^

Feb
17

Kali ni kita akan membuat manusia api dengan racikan photoshop, dengan cara yang mudah dan sederhana: yuk ikuti langkah mudahnya dibawah ini:

1. siapkan foto yang akan di beri efek api, kemudian berikan efek curves ( Ctrl + M ) atur seperti pada gambar :
tutorial photoshop

2. Kemudian kasih neon glow pada gambar ( filter > artistic >> neon glow ) atur sesuai gambar dibawah:
tutorial photoshop

3 Setelah itu kita desaturate gambarnya ( image > adjustment >> desaturate ):
tutorial photoshop

4. Setelah itu kita atur pencahayaan dengan brigthnes & contrase (  image > adjustment >> brightnes/contrast ) atur sesuai dengan gambar:
tutorial photoshop

5. Sekarang duplicate backgroundnya ( layer > duplicate layer)
Aktif pada layer hasil duplikat tadi kemudian  kita kasih efek glowing edges (filter > stylesh >> glowing edges..) atur sesuai dengan gambar:
tutorial photoshop

6. Ubah blending modenya dari normal menjadi screen:
tutorial photoshop

7. Setelah itu dengan menggunakan smudge tool (yang dilingkari merah), kemudian sapukan sesuai arah pada panah2 merah (ingat kita aktif pada layer background copy) lihat gambar:
tutorial photoshop

8. Setelah itu kita kasih efek gausian blur pada background asli/yang bawah ( filter > blur >> gausian blur ) :
Pilih Radius 1.1 , OK

9. Oke sekarang kasihkan beberapa accesoriesnya J dengan lens flare ( filter > render >> lens flare ) kita atur tempatnya (ditangan) :
tutorial photoshop

Dimata:
tutorial photoshop

10. Oya agar api nantinya lebih berkobar kita tambahin coretan dengan brush (warna putih) seperti pada gambar:
tutorial photoshop

11. Kemudian dengan smudge tool kita buat kayak tadi ( langkah 7) hasilnya:
tutorial photoshop

Nah sekarang kita nyalakan apinya :
- ubah warna menjadi grayscale ( image > adjusment >> grayscale) ntar ada pemberitahuan di flaten/dijadikan satu gak layernya, pilih flatten aja:
- kemudian kita ubah lagi menjadi index color ( image > adjusment >> indexed color )
- terakhir kita kasih deh apinya dengan color table ( image > adjuments >> color table dan pilih black body) :
tutorial photoshop

Hasilnya kira2 kayak gini nih: ….
manusia api - Fire Man
manusia API – Fire Man (jadi inget Fantastic 4)

Selamat mencoba

Created By: Arofat
sekian tutorial photoshop sederhana saya….semoga menambah wawasan tuk selalu berkreasi!
P.S: Sering2 ke ilmugrafis untuk belajar ya…

Semangat, terimakasih Semoga Bermanfaat…

Feb
17

Dalam Tutorial Photoshop kali ini kita akan belajar menggunakan beberapa teknik manipulasi untuk mendapatkan suatu desain yang berefek mystery horror. Ikuti langkah demi langkah di bawah ini:

Bahan racikan shotoshop [photoshop]
- Foto Britney
tutorial photoshop
Bisa di Save As…

- Foto samurai
tutorial photoshop
Bisa di Save As…

- Brush kaca [download here]
- Brush darah [download here]

+ Ketelatenan…. :D

Oke kita mulai ja:

1. pertama buka foto Britney dan lukai dengan menggunakan Burn Tool hingga lebam seperti pada gambar dibawah ini:
tutorial photoshop
Gambar 1 – Britney Lebam

2. sekarang kita lukai juga leher dengan munggunakan burn tool juga, coman disini kita harus menggunakan bantuan navigator untuk membesarkan tampilan (sebelah kanan yang di lingkari), Juga kecilkan diameter dari burn tool,goreskan dengan berulang2, tujuannya agar goresan burn tool lebih tampak nyata
tutorial photoshop
gambar 2

3. agar luka tadi semakin nyata (kasar) kita gunakan sharpen tool lihat gambar 3
tutorial photoshop
gambar 3

4. untuk memberikan kesan gelap kita menggunakan curves (ctrl + M ) atur seperti pada gambar 4
tutorial photoshop
gambar 4

5. sekarang pewarnaan pada mata: kalini kita menggunakan brush tool (sebelumnya jangan lupa tuk membuat layer baru dan namai dengan nama mata) dan gunakan warna merah (lihat gambar 5):
tutorial photoshop
Gambar 5

6. setelah itu ganti blending mode (di pallet layer/yang dilingkari merah) ganti dengan color gambar 6.
tutorial photoshop
gambar 6

7. oke sekarang kita masuk pada gambar pedang, kita seleksi dulu pedangnya (udah bisakan?? :D..) kemudian drag ke dalam gambar Britney tadi, atur sesuai dengan gambar, setelah itu kita hitamkan dengan menggunakan curves (kayak langkah 4)

8. setelah itu kita buat agar pedang seolah masuk ke dalam luka (hiiiiii…ngeri,,,,) dengan cara kita gunakan eraser tool untuk menghapus peedang yang menutupi luka tersebut, lihat gambar dibawah 7:
tutorial photoshop
gambar 7

9. karena suasana jd makin serem… ok minum dulu ah…lantjutgan!!! (biar gak merinding wkwkwk)

10. sekarang kita akan membuat efek darah: buat layer baru (layer>new layer)  kali ini kita gunakan alat (blood_brush ). Oya sebelumnya load dulu brush tersebut kedalam photoshop kita ( caranya udah ada di tutorial penggunaan brush, photoshop dasar). Pilih yang bentuknya kayak dibawah dan letakkan seperti pada gambar:8a
tutorial photoshop
gambar 8a

11. sekarang kita putar dikit agar sejajar dengan pedang, dan hapus dengan eraser (kayak gambar dibawah) 8b:
tutorial photoshop
gambar 8b

12. nah sekarang kita edit agar darahnya kayak darah vampire….kita menggunakan Layer > layer Style: atur sesuai dengan gambar dibawah ini:
color overlay
tutorial photoshop

Bevel and Emboss
tutorial photoshop

Drop shadow
tutorial photoshop

Inner  Shadow
tutorial photoshop

Satin
tutorial photoshop

13. oke lanjut ke air mata darah ( sama dengan langkah 10 – 12): lihat gambar 10 mata
tutorial photoshop
gambar 10

14. sentuhan terakhir kita tambahkan efek kaca pecah (kita gunakan alat kita yang ke dua yaitu: shatter_glasss brush: pilih sesuai dengan seler/jangan lupa tuk ganti warna menjadi putih

15. hasil akhirnya kira2 kayak gini:
tutorial photoshop
sekian tutorial sederhana saya….semoga menambah wawasan tuk selalu berkreasi!
warning: jika mendesain malam2,,, awas di belakang kalian ada… hihihi… (bcanda kok)
Salam desain…

By: Arofat [penulis ilmugrafis]
Selamat mencoba ..^_^

Demikian tutorial photoshop kali ini
P.S: Sering2 ke ilmugrafis untuk belajar ya…

Semangat, terimakasih semoga bermanfaat…

Feb
17

ini mengikuti Teori Penyubliman(alah…). Tidak perlu banyak Bahasa basil g gan… cekidot…
Sebelumnya silahkan Download Brush-nya Disini
Download brush
(http://www.4shared.com/file/126150891/490100a6/41_Grunge_Brushes___PS7_by_KeepWaiting.html)

1. Buka Image gan, saya gunakan mantan saya disini ^_^V Devon Aoki
tutorial photoshop

2. Setelah terbuka, Duplikatkan image background atau image pertama tadi atau tekan Ctrl+J
tutorial photoshop

3. Setelah itu kembali ke layer background, lalu gunakan Clone Tool, tutupi sebagian gambar Devon
tutorial photoshop

Lalu gunakan Heal Tool untuk memperhalus Cloningan tadi

4. Kembali lagi ke Layer 1, lalu buat New Layer

5. Load brush yg sudah di Download tadi dengan cara mereplacenya, lalu brows dimana anda meletakkan/menyimpan brush tadi.
tutorial photoshop
Klik brush tool >> Klik kanan pada layer >> Replace Brushes…

6. Gunakan Eyedropper untuk menyamakan warna brush dengan warna gambar/object, lalu klik kembali brush, tempatkan Brush sesuai warna.
tutorial photoshop

7. Usahakan brush tersusun dengan baik dan rapi. Jika ada kesulitan untuk menggunakan brush, bias dibaca di ilmugrafis.com tentang penjelasan pemakaian Brush.

8. Kembali ke Layer 1
Lalu gunakan Eraser Tool (E) Gunakan Brush yang sama seperti tadi, atau gunakan cara : Klik Eraser Tool >> Klik kanan pada Layer >> Replace Brushes… seperti pada langkah no. 5 hanya beda Tool.

9. Lalu hapus bagian-bagian yang dirasa perlu untuk dihapus pada layer 1
tutorial photoshop

10. Kemudian Flatten Image : Layer >> Flatten Image setelah manyatu duplikatkan lagi  Layer Background (Ctrl+J).

11. Blur Layer 1 : Filter >> Blur >> Gaussian Blur, kemudian ubah opacity Layer 1 menjadi 55%, sebenarnya langkah ini tidak harus digunakan, hanya untuk member kesan Soft saja.

Selesai, tinggal Save As aja gan… :D
tutorial photoshop
Sublime Angel – Devon Aki (original creation ervyn – ilmugrafis.com)

Demikian gan manipulasi Photo cara yg sederhana saja yang sebenarnya ada cara yang lebih sulit, tapi saya pakai yang ini, cepat dan tidak repot… hehehehe…

Semangat gan, terimakasih semoga bermanfaat

Feb
17

Kali ni kita akan membuat manipulasi foto sehingga tampak seolah – olah gambar object seseorang di dalam foto seperti dikelilingi oleh api… ini kebalikan dari “LADY in the WATER” hehehe…

Langsung mule aja gan, ini tuto saya bkin mirip sm yg saya posting gan.. smpai detilnya deh ya??? hehehe…

1. Bikin new page dulu gan sizenya mah terserah… backroundnya item ya…

2. Lalu buat new layer (Ctrl+Shift+N) lalu klik Brush tool kasih warna orange ya gan… kira2 jadinya kek gmbar dibawah ini
tutorial photoshop

3 Abis ntu… [ Download image ] drag Render image yg ane sertain td gan… lalu potong tangan kanannya buat dikasihin tangan kiri kan g da gan jgn lupa di duplicate ya(Ctrl+J)… sesuain aj udah gan…

tutorial photoshop

4. Trs buang bawahannya yg kepotong td gan… terus flatten deh (Layer >> Flatten Image) tar pasti nyatu tuh… kl udah gitu tinggal drag lg aj/masukin ke page yg pertama kita buat td gan..
tutorial photoshop

tutorial photoshop

5. Maih kerja di layer ini, tekan Ctrl+J gan.. udah gt ubah Blendingnya jd Color trs warnain neh layer pk warna orange kek yg diatas td gan
tutorial photoshop
Biar kesannya panas beneran gan… mgkin da cara lain… tp saya jg lg blajar gan jd kita FreshTea aja (Ambil Enaknya aj…wkwkwk)

6. Ganti Backgroun n Foregroundnya jd Putih item gan…
tutorial photoshop

7. Udah kan gan? Kita bikin new layer lg, sekarang kita buat apinya, kl udah bkin new layer lg.. Lalu klik Add a layer style trs pilih Outer Glow.
tutorial photoshop

8. Abis itu bakalan muncul Docker Windows kek dibawah ini gan…
tutorial photoshop
Klik pada kotak no. 1, ganti warnanya jd merah gan… lalu ubah Blendingnya jd HardLight.. lakukan hal yg sama pada inner glownya gan cm bedanya inner glow ini agan ganti warnanya jd orange…

9. Trs tinggal Replace brushnya ke brush api gan (rons__flames) trs tempatin aj sesuka agan tuh brushnya (maksudnya klik dimana yg mo dikasih api gan… wkwkwk) jadinya kek dibawah ini gan…
Download Brush Api 1 – rons__flames [ download disini ]
Untuk cara pemasangan brush pada photoshop sudah dijelaskan di Photoshop Dasar tinggal dicari aja gan tutorialnya
tutorial photoshop

10. Aktipin Layer 1 gan… lupa td… wkwk…
tutorial photoshop
Kalo udah aktip… bkin new layer lg gan… trs kasih efek kek yg diatas td… langkah2nya sama aj gan… otre?
tutorial photoshop

Download Brush Api 2 – LadyVictoire_Flares [ download disini ]
Trs ganti brushnya ke “LadyVictoire_Flares_2” klik aj dibelakang pala tuh mantan saya… xixixi….
tutorial photoshop

11. Lalu make New Layer lg gan… kasih efek yg sama lg

12. Download Brush Api 3 – SS-arcane-circles [ download disini ]
Trs ganti brushnya lg ke “SS-arcane-circles” gan klik ditengah2 mantan saya tadi gan… wkwkwk… udah deh jadi…

Hasilnya kurang lebih seperti ini:
LADY in THE FIRE
LADY in THE FIRE (Saingannya LADY in THE WATER)
NB gan : Semuanya dah saya sertakan… jd agan g usah repot2 donlot brushnya… hehehe….

Selamat mencoba tutorial photoshop

Created By: Ervyn Jeleck
P.S: Sering2 ke ilmugrafis untuk belajar ya…
Semangat, terimakasih Semoga Bermanfaat…

Feb
17

Tutorial Kali ini kita akan mencoba membuat sebuah teks yang dalamnya berisikan sebuah gambar, sehingga teks terlihat lebih cantik.. he3…

Berikut Langkah-langkahnya:
1. Buat file baru
File > New dengan ukuran (Width : 450 px dan Height : 170 px)

2. Buat sebuah teks menggunakan HORIZONTAL TYPE TOOL
Hasilnya…

Kemudian Atur jenis Fonts dan Ukuran sesuai dengan selera kamu…
Disini saya menggunakan kata Digital dengan font Script MT Bold
Hasilnya:

Atau anda ingin font yang lain? bisa manfaatkan dengan search engine –> Keyword Download Fonts

3. Buka file gambar yang ingin kamu jadikan FILL dalam teks
Caranya: File > Open (pilih gambar) > Open Kamu bisa gunakan gambar apapun yang kamu suka.
disini anda bisa Gunakan Gambar ini sebagai latihan

Klik kanan gambar lalu pilih Save image As…
Atau gunakan gambar lain dengan mencari di searh engine… Keyword Wallpapers

4. Masukkan gambar yang sudah kamu pilih ke dalam layar kerja yang kita kerjakan tadi.
Caranya: Gunakan MOVE TOOL Klik Kanan + Tahan pada gambar > Tarik > Masukan Kedalam Layar kerja yang kita kerjakan. Atur ukuran gambar sehingga sesuai dengan ukuran Teks yang telah kamu buat

Pindahkan Gambar ke Kanvas Tulisan

5. Perhatikan pada WINDOW LAYER

Pastikan posisi Layer Gambar berada diatas Layer Teks
Tekan dan Tahan tombol ALT
kemudian arahkan kursor diperbatasan antara Layer gambar dan Layer Teks (ditandai garis biru pada gambar diatas), jika posisi kursor telah pas otomatis kursor akan berubah (lihat simbol yg lingkari merah pada gambar diatas), kemudian kamu tinggal KLIK. Jika langkah kamu benar maka gambar akan masuk kedalam Teks
Hasilnya:

Digital By Irvan F

Terima Kasih

Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat.. (Salam Irvan)

Feb
17

Welcome to WordPress.com. This is your first post. Edit or delete it and start blogging!

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.